Final Copa Indonesia 2009

29 06 2009

Sriwijaya FC vs Persipura

sriwijaya persipura

Final ideal, begitu gambaran awal tentang final copa indonesia tahun ini.. Bagaimana tidak, dua tim yang dianggap sebagai tim terbaik di negeri ini bertarung untuk memperebutkan gelar terhormat, juara copa Indonesia. Sebuah final ulangan tahun lalu menunjukan kualitas kedua tim sebagai tim terbaik di bumi Indonesia. Pertarungan antara barat dan timur ini diperkirakan akan sangat menghibur dengan nama-nama besar yang ada di kedua tim. Pertarungan antar lini pun bisa dibilang relatif berimbang.

Sriwijaya FC dilatih Rahmat Darmawan memiliki barisan materi Ferry Rotinsulu (Kiper tampan timnas) di bawah mistar. Charis Yulianto sebagai palang pintu. Di lini tengah pemain nominasi the best player asal Liberia Zah Rahan menjadi motor bersama anak papua Christian Warobay. Di depan tridente maut asing milik laskar wong kito diisi oleh Ngon Ajam, Keith Kayamba Gumbs, dan Anoura Obiora. Persipura pun datang ke stadion Jaka Baring (Palembang) dengan gelar terhormat sebagai penguasa juara liga Indonesia tahun ini. Diasuh peleatih beken Jacksen F. Tiago, Persipura bermaterikan kiper timnas Jendri Pitoy. Dilini belakang ada bek muda timnas Ricardo Salampessy dan Jack Komboy. Lini tengah dikuasai oleh duet tua muda timnas Indonesia Eduard “Edu” Ivak Dalam, Immanuel Wanggai, dan Ian Luis Kabes.. Di lini depan meski kehilangan Pasangan sehatinya (Beto Concalves, karena cedera), duet Ernest jeremeiah dan putra lokal the wonderkid Boaz Salosa yang didukun david da rocha cukup membuat lawan ciut..

Tapi apa yang terjadi di final ini sungguh antiklimaks.. Setelah saling serang di babak pertama yang berkesudahan tanpa gol, di babak kedua satu umpan silang Muhammad Nasuha dari sisi kiri yang disambut sundulan maut Anoura Obiora memecah pekik pendukung tuan rumah Laskar wong kito.. 1-0 Sriwijaya FC unggul. Selang beberapa menit kemudian sebuah tragedi terjadi di kotak gawang Ferry Rotinsulu. Setelah bola lepas dari jangkauannya, sebuah rebound dilepaskan oleh seorang pemain Persipura yang membentur tangan defender Sriwijaya menghalau bola masuk ke gawang. Wasit Purwanto hanya memberi sepak pojok untuk Persipura. Protes bergemuruh, pemain persipura mendorong wasit. Purwanto pun mengartu merahkan ernest Jeremiah karena protes berlebihan. Pemain Persipura menolak untuk melanjutkan permainan dan melakukan walk out (WO). Sriwijaya dinyatakan juara denga kemenangan WO 4-0.

Ada apa dengan sepakbola Indonesia.. Jujur saya bukan penikmat sepakbola Indonesia.. Pada awalnya pun saya enggan menonton partai ini. Baru di menit ke 10 saya memutuskan untuk menonton, mengingat banyaknya bintang pada partai final ini. Tapi apa yang terjadi sungguh mengecewakan. Pecinta sepakbola tanah air pasti terluka menyaksikan sifat tidak gentle pemain persipura (saya tidak tau pasti keingginan pemain atau official yg memutuskan untuk tak meneruskan pertandingan) tapi siapapun itu sungguh telah mencoreng citra negri ini sekali lagi..

Keputusan wasit mutlak, terlepas dari salah dan mengecewakan. Wasit pun hanya manusia.. Lihat protes para pemain Chealsea yg banyak dirugikan oleh wasit Hening Ovrebo di semifinal kedua liga champion melawan Barca. Pertandingan terus berjalan walau ada protes berlebih dari Didier Drogba.. Inilah profesionalisme liga Eropa.. Mental mereka telah terbentuk dengan baik.. Bagaimana sepakbola Indonesia tidak semakin tertinggal oleh Thailand di Asia tenggara. Toh sang juara liga mereka bersikap ‘Pengecut’. Tidak seharusnya persipura seperti itu. Kalah sebagai pahlawan sangat membanggakan dibanding lari dari medan pertempuran..Kelemahan mental yg tidak semestinya.

Saya menyukai Persipura karena merupakan aset penyumbang bakat-bakat lokal Papua buat Timnas.. Tapi malam itu sungguh mereka sangat menyedihkan..Bravo Indonesia.. Bentangkan Garuda di dadamu..


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: