Keistimewaan Sabar

17 06 2009

sabar Innallaha Maa’shabirin.. Sesungguhnya Allah (ada) bersama orang-orang yang sabar.

Mengapa Allah ada bersama mereka yang sabar?? Keistimewaan apa yang ada pada diri mereka.. Sebegitu hebatkah mereka yang sabar di mata Allah, sehingga Allah ada bersama mereka yang sabar..

Hanya sedikit bagian dari kaum muslimin yang masuk surga Nya Allah tanpa melewati hisab.. Menurut hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim ada 70.000 umat yang akan masuk surga tanpa hisab..

Dan salah satu bagian dari orang-orang yang akan masuk surga tanpa hisab adalah orang-orang yang sabar.. Mengapa bisa?? Tidakkah mereka yang berjuang dalam agama Allah lebih besar peluang masuk surga tanpa hisab.. Kehebatan apa yang ada di dalam orang yang sabar..

Dalam salah satu ayatNya allah berfirman : “Wasta’inu bis shabri was sahalat”..  Minta tolonglah kamu kepadaKu (Allah) dengan sabar dan shalat.. Ada apa dengan sabar?? Kenapa dengan sabar dan shalat, bukan shalat dan sabar.. Begitu banyak ayat Allah lainnya tentang sabar..

Tingkatan sabar :
1. Sabar dalam menghadapi amarah
2. Sabar dalam menghadapi musibah
3. Sabar dalam menjauhi larangan Allah
4. Sabar dalam beribadah

Sudah sampai manakah tingkat kesabaran kita.. Sudahkah kita mampu mengatasi amarah, sabarkah kita terhadap musibah, mampukah kita dengan sabar dengan godaan larangannya, ataukah kita sanggup bersabar dalam beribadah kepadanya.. Ternyata sabar sulit kawan, bukan sekedar menahan amarah dan menerima cobaan.. Sabar lebih dari itu, maka layaklah orang-orang yang sabar masuk surga tanpa hisab.. Orang yang berperang dan mati syahid di jalannya juga melalui tahap sabar bukan.. Para Nabi dan sahabat juga melewati tahap sabar bukan.. Pantaslah Allah urutkan sabar dan shalat.. Karena shalat yang baik ternyata membutuhkan kesabaran..

Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang sabar..

Wallahu alam bis shawaf..


Actions

Information

One response

19 10 2009
Hajrin

terima kasih tas postinganya ust…bermanfaat sekali…Semoga Allah membalas segala amal baik ustd dan keluarga…Amien….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: