Ini masanya Iniesta dan Xavi

28 05 2009

SOCCER-SPAIN/xavi-hernandez

Barcelona juara liga champion 2009.. Azulgrana mengukuhkan diri sebagai klub pertama La Liga (Liga Spanyol).. Melengkapi gelar Copa del Rey dan Juara liga yang telah diraih sebelumnya di musim ini. Mereka layak berbangga,, dan berhak atas predikat klub terbaik Spanyol di Eropa. Meskipun Madrid masih raja di liga champion, tapi Madrid meraih 5 gelarnya pada saat kompetisi ini masih bernama piala champion, yang secara atmosfir tidaklah seketat dan sedahsyat Liga champion saat ini.. Madrid tak mampu melakukan apa yang Barca lakukan, Treble Winners.

Inikah masa keemasan Barca..Jika itu sebuah pertanyaan, maka saya tidaklah setuju. Benar Barca ditangani pelatih masa depan Josep “Pep” Guardiola, mereka juga punya mesin gol maut pada trio Lionel Messi, Samuel Eto’o dan Thierry Henry yang ketiga nya mencetak 96 gol di semua ajang yang diikuti Barca musim ini. Saya akan lebih setuju jika disebut inilah masa Iniesta dan Xavi Hernandez. Keduanya begitu dominan, dan menjadi sebuah simphoni alur permainan indah Barca lewat umpan-umpan pendek yang cepat dan terukur. Bagaimana lini tengah Mu benar-benar tak berfungsi baik di partai final. Gap yang tercipta antara area Nemanja Vidic dan CR7 terisolasi oleh pergerakan dinamis Xavi dan Iniesta.

Anda mungkin tidak setuju, tapi saya akan mencoba memperlihatkan satu sudut pandang yang mungkin tak terlihat. Ingatkah anda semifinal kedua Barca melawan Chealsea. Terlepas dari buruknya kepemimpinan wasit Ovrebo, harus diakui Barca beruntung memiliki pemain sekelas Andres Iniesta. Trio Messi, Henry, dan Eto’o mungkin sudah kehabisan cara untuk menyeimbangkan gol fantastis Michael Essien ke gawang Victor Valdes. Tapi Iniesta hadir dengan caranya.. Dia meluluh lantahkan sorakan pendukung the Blues di 1 menit akhir pertandingan… Sensasional..

Di partai puncak, ganti sang senior yang beraksi.. Umpan terukur Xavi memudahkan seorang Lionel Messi menjebol gawang Edwin van Der Sar lewat sebuah heading mematikan.. Ironi,, jika bukan dengan presisi umpan Xavi yg sangat memesona, mungkin tak akan ada gol yang memastikan langkah Barca merebut trofi malam itu..

Satu bukti lagi adalah gelaran Euro 2008 lalu. Spanyol tim besar di eropa. Di babak kualifikasi mereka selalu terlihat jumawa.. Tapi berdasar fakta,, saat gelaran sesungguhnya,, Spanyol selalu mati kutu.. Mereka bukanlah tim spesialis turnamen seperti layaknya Panser Jerman.. Prediksi pun tidaklah mengunggulkan Spanyol.. Mereka hanya dianggap sebagai tim penghibur. Hingga akhirnya mereka menjungkalkan fakta dengan melumat Michael Ballack dkk di partai final.. Dunia tersilaukan oleh kejeniusan “Opa” Louis Arogones yang mempercayakan skuad mudanya.. Atau dengan duet memukau lini depan David Villa dan Fernando ‘El Nino’ Torres. Tapi bagi saya, lagi-lagi keberadaan Iniesta dan Xavi lah yang membuat La Furia Roja meraih titel Piala Eropa. Pemain sekelas Cesc Fabregas pun harus mengalah untuk menjadi pelapis di babak kedua..

Ini tahun Andres Iniesta dan Xavi Hernandez..Barcelona dan Spanyol beruntung memiliki keduanya….


Actions

Information

5 responses

28 05 2009
rahmat

tuh kan bener yang merah2 yang menang, tadinya sih gw yakin mu yang menang eh dia pakenya baju putih andai aja ka*c*t nya merah mungkin mu yang menang wkwkw

28 05 2009
ara_kaneshiro

Barca tidak sesumbar MU.. Mereka bermain kolektif secara baik. Permainan bola memang membutuhkan team yang solid.. Tetapi, hal tersebut akan sia2 jika finishing dalam menciptakan gol tidak dpt dilakukan.. Itulah yang terjadi pada MU ;D

Go!! Barcelona.. Dewi Fortuna memang berada di pihaknya (^ -^)b

28 05 2009
Ariel

M U Mah Cemen

Barka Baru Mantab

28 05 2009
Ariel

Rahmat mah sok tau

Rahmat mah Tau’nya cm PKS

29 05 2009
Eghaliter

hmmpphh..

speechless

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: